Orang Yang Percaya Kepada TUHAN Akan Melihat Kebaikan TUHAN Melalui Kejadian-Kejadian Yang TUHAN Ijinkan Terjadi. Jangan Pernah Menilai TUHAN Hanya Melalui Sepotong Kejadian, Tetapi Percayalah Bahwa DIA Selalu Bekerja Untuk Kebaikan Kita Melalui Banyak Perkara
Photobucket

2 PETRUS

LATAR BELAKANG

Penulis: Petrus
Tema: Menderita bagi Kristus
Tanggal Penulisan: 60-63 M

Surat ini merupakan yang pertama dari dua surat PB yang ditulis oleh rasul Petrus (#/TB 1Pet 1:1; 2Pet 1:1*). Petrus mengakui bahwa surat pertama ini ditulis dengan bantuan Silas (Yun. _Silvanus_) sebagai juru tulisnya (#/TB 1Pet 5:12*). Kemahiran Silas dalam bahasa Yunani dan gaya menulis tercermin di dalam surat ini, sedangkan bahasa Petrus yang kurang halus tampak dalam surat 2 Petrus. Nada dan isi surat ini cocok dengan apa yang kita ketahui tentang Simon Petrus. Persekutuannya yang akrab dengan Tuhan Yesus selama bertahun-tahun melandasi ingatannya kembali akan kematian (#/TB 1Pet 1:11,19; 2:21-24; 3:18; 5:1*) dan kebangkitan Yesus (#/TB 1Pet 1:3,21; 3:21*); secara tidak langsung Petrus tampaknya juga menunjuk kepada penampakan diri Yesus kepadanya di Galilea setelah kebangkitan (#/TB 1Pet 2:25; 5:2a; bd. #/TB Yoh 21:15- 23*). Tambahan lagi, terdapat banyak persamaan di antara surat ini dengan khotbah-khotbah Petrus yang tercatat dalam Kisah Para Rasul.

Petrus mengalamatkan surat ini kepada "orang-orang pendatang yang tersebar" di seluruh propinsi Asia Kecil kekaisaran Romawi (#/TB 1Pet 1:1*). Beberapa di antara mereka ini mungkin adalah orang bertobat yang menanggapi khotbahnya pada hari Pentakosta dan telah kembali ke kota masing-masing dengan iman yang baru (bd. #/TB Kis 2:9-11*). Orang percaya ini disebut "pendatang dan perantau" (#/TB 1Pet 2:11*) untuk mengingatkan mereka bahwa perziarahan mereka sebagai orang Kristen adalah di dalam dunia yang membenci Yesus Kristus dan mereka dapat mengalami penganiayaan darinya. Mungkin Petrus menulis surat ini sebagai tanggapan terhadap laporan dari orang percaya di Asia Kecil tentang peningkatan perlawanan (#/TB 1Pet 4:12-16*) yang belum didukung resmi oleh pemerintah (#/TB 1Pet 2:12-17*).

Petrus menulis dari "Babilon" (#/TB 1Pet 5:13*). Kata ini dapat ditafsirkan secara harfiah sebagai negara Babilon di Mesopotamia atau sebagai ungkapan kiasan untuk Roma, pusat tertinggi dari kefasikan abad pertama. Walaupun Petrus mungkin satu kali berkunjung ke tempat penampungan golongan Yahudi-ortodoks yang besar di Babilon, kita dapat lebih mudah menerangkan bahwa Petrus, Silas (#/TB 1Pet 5:12), dan Markus (#/TB 1Pet 5:13*) sedang bersama-sama di Roma (#/TB Kol 4:10*; bd. pernyataan Papias mengenai Petrus dan Markus di Roma) pada awal dasawarsa 60-an dan bukan di Babilonia. Kemungkinan besar Petrus menulis dari Roma pada tahun 60-63 M, pasti sebelum pertumpahan darah yang mengerikan oleh Nero dimulai (th. 64 M).
TUJUAN

Petrus menulis surat pengharapan yang penuh
dengan sukacita ini untuk memberikan kepada orang percaya pandangan yang
ilahi dan abadi bagi kehidupan di bumi dan untuk memberikan bimbingan
praktis kepada mereka yang mulai mengalami penderitaan yang berat
sebagai orang Kristen di dalam masyarakat kafir. Petrus khawatir
kalau-kalau orang percaya membangkitkan ketidaksenangan pemerintah dan
menasihatkan mereka untuk mengikuti teladan Yesus dalam menderita dengan
tidak bersalah, benar, dan luhur.


SURVEI


1 Petrus mulai dengan mengingatkan orang percaya

(1) bahwa mereka mempunyai suatu panggilan yang mulia dan warisan sorgawi di dalam Yesus Kristus (#/TB 1Pet 1:2-5*);

(2) bahwa iman dan kasih mereka di dalam hidup ini akan diuji dan dimurnikan sehingga akan mengakibatkan pujian, hormat, dan kemuliaan pada saat kedatangan Tuhan (#/TB 1Pet 1:6-9*);

(3) bahwa keselamatan yang besar ini sudah dinubuatkan oleh nabi-nabi PL (#/TB 1Pet 1:10-12*); dan

(4) bahwa orang percaya harus hidup kudus, jelas berbeda dari dunia yang tidak selamat di sekitar mereka (1Pet 1:13-21*). Orang percaya, yang terpilih dan dikuduskan (1Pet 1:2*) merupakan bayi-bayi yang bertumbuh yang memerlukan susu murni Firman Allah (1Pet 2:1-3*), batu-batu hidup yang sedang dibangun menjadi suatu rumah rohani (1Pet 2:4-10*), dan orang asing yang mengembara melewati negara asing (#/TB 1Pet 2:11-12*); mereka harus hidup dengan hormat dan rendah hati dalam hubungan mereka dengan setiap orang selama perjalanan ini (1Pet 2:13- 3:12*).

Amanat 1 Petrus terutama berkaitan dengan sikap patuh dan menderita karena kebenaran bagi Kristus dan menurut teladan-Nya sendiri (1Pet 2:18-24*; 1Pet 3:9-5:11*). Petrus meyakinkan orang percaya bahwa apabila mereka menderita karena kebenaran, maka mereka akan disenangi oleh Tuhan dan mendapat pahala. Di dalam konteks pengajaran mengenai menderita karena Kristus ini, Petrus menekankan tema-tema yang saling berhubungan dari keselamatan, pengharapan, kasih, sukacita, iman, kekudusan, kerendahan hati, takut akan Allah, ketaatan, dan ketundukan.
CIRI KHAS

Lima ciri utama menandai surat ini.

(1) Bersama dengan surat Ibrani dan kitab Wahyu, berita surat ini berkisar pada orang percaya yang menghadapi kemungkinan penganiayaan yang berat karena persatuan mereka dengan Yesus Kristus.

(2) Surat ini memberikan pengarahan praktis bagaimana orang Kristen harus menanggapi penganiayaan dan penderitaan yang tidak adil, lebih daripada kitab lainnya dalam PB (#/TB 1Pet 3:9-5:11*).

(3) Petrus menekankan kebenaran bahwa orang percaya adalah pendatang dan perantau di dunia ini (#/TB 1Pet 1:1; 2:11*).

(4) Banyak nama untuk umat Allah dari PL digunakan untuk orang percaya PB (mis. #/TB 1Pet 2:5,9-10*).

(5) Surat ini berisi ayat PB yang paling sulit ditafsirkan: kapan, di mana, dan bagaimana Yesus "memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,  …  pada waktu Nuh" (#/TB 1Pet 3:19-20*).


Sumber: SABDA (OLB versi Indonesia) 4.1 (Unicode)


Kekasih TUHAN !!!
Jadilah Berkat, Dengan Membagikan Semua Artikel Ini
Kepada Teman-Teman Anda.
TUHAN YESUS Memberkati Kita Semua,
AMIN

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis